Jumat, 19 Mei 2017

Mendaki Gunung Batur

Gunung dengan ketinggian 1717 mdpl yang terletak di kabupaten Bangli, Bali ini merupakan gunung favourite buat menghabiskan libutan akhir pekan.

Malam itu, aku dan keempat temanku, Zico, Adam, Lukman dan Wayan melakukan pendakian melalui Pura Toya Bungkah. Kami mulai mendaki jam 4 pagi. Ini adalah pendakian yang ke 6 kalinya buatku di gunung Batur. Tapi tetap saja aku tidak pernah merasa bosan. Mendaki gunung Batur cocok buat para pemula. Jalur trekkingnya cukup soft. Cuma memerlukan waktu 2,5 jam untuk bisa sampai ke puncak.

20 menit sebelum puncak

Setengah jam pertama jalur masih berupa tanah dan hutan lebat sampai di Pos 1. Ada sebuah gubuk milik warga lokal di pos ini.
Melewati pos 1 jalur masih lumayan landai barulah ketika masuk hutan kembali jalur mulai menanjak hingga sampai di Pos 2. Pos ini ditandai dengan adanya 2 buah bangku panjang di kiri dan kanan alur.
Setelah pos 2, jalur terus menanjak dengan kemiringan sekitar 55 derajat dengan jalur berupa pasir daan kerikil yang lumayan licin.

Sunrise dengan view gunung Rinjani

Para pedagang di Puncak Batur mengambil air dari kawah

Here I am!

Menyusuri pinggiran kawah untuk kembali turun

Foto keluarga dulu. Berdiri: Adam, Lukman, Wayan. Jongkok: Aku dan Zico

Aku dan Wayan berjalan santai sambil ngobrol. Sementara Zico, Adam dan Lukma sudah jauh di atas. Ini adalah ketiga kalinya aku dan dia naik gunung Batur bersama. Jam 6 pagi kami sampai di puncak Batur. Matahari sudah mulai muncul di ufuk timur. Puncak penuh oleh pendaki luar dan dalam negeri. Pemandangan yang lumrah setiap hari libur atau akhir pekan. Gunung Batur boleh dibilang tidak pernah sepi oleh wisatawan walaupun di hari biasa.

Jalur Culali yang indah

The Boyz

Menikmati pagi

Ketika turun kami tidak melalui jalur umum, tetapi lewat jalur Culali. Jarang pendaki yang menggunakan jalur ini. Pemandangan di jalur Culali sangat indah walaupun memang memakan waktu yang lebuh lama karena kita harus mengitari gunung. Tapi percayalah, jalur ini sangat worthed buat kamu yang ingin pengalaman berbeda saat mendaki Batur!

Tips mendaki Batur:
- Bawa air dan bekal makanan yang cukup. Di puncak Batur memang ada warung, tapi harganya gila-gilaan!
- Karena mendaki gunung adalah kegiatan yang cukup ekstrim, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga

1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga suatu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan AKI SOLEH JAFFAR menceritakan sosok AKI SOLEH JAFFAR, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.aki saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak aki bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. AKI SOLEH JAFFAR berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi ki sholeh jaffar di nomor ini HUBUNGI WHATSAPP 0853-7778-3331 agar di berikan arahan Atau KLIK DISINI